ANALISA MODEL BISNIS KANINDO SYARIAH JATIM DENGAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS
Abstract
Abstract Objectives of this study was to find out how is BMT Kanindo Syariah business model concept by using Business Model Canvas that envelop of 9 block which is value propositions, channels, customer relationships, customer segments, revenue streams, key resources, key activities, key partners, cost structure. The research method used is descriptive qualitative approach with this type of case study research. The unit of analysis in this study is value propositions, channels, customer relationships, customer segments, revenue streams, key resources, key activities, key partners, cost structure. The analysis technique used in this study is the domain analysis techniques.Research results can be concluded that BMT Kanindo Syariah Jatim business model has well supported the business operation process and in accordance with their established vision and mission. The findings in this study is that there is a difference between literature and fact regarding key activities and BMT development constraints.
Keywords: Business Model, Baitul Maal wal Tamwiil, Business Model Canvas
Abstrak: Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep model bisnis BMT Kanindo Syariah dengan menggunakan Business Model Canvas yang meliputi 9 blok yaitu proposisi nilai, saluran, hubungan pelanggan, segmen pelanggan, arus pendapatan, sumber daya kunci, kegiatan kunci, mitra kunci, struktur biaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan penelitian studi kasus jenis ini. Unit analisis dalam penelitian ini adalah proposisi nilai, saluran, hubungan pelanggan, segmen pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya kunci, kegiatan kunci, mitra kunci, struktur biaya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis domain.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model bisnis BMT Kanindo Syariah Jatim telah mendukung dengan baik proses operasional bisnis dan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Temuan dalam studi ini adalah bahwa ada perbedaan antara literatur dan fakta mengenai kegiatan kunci dan keterbatasan pengembangan BMT.
Kata kunci: Model Bisnis, Baitul Maal wal Tamwiil, Model Bisnis Canvas