PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK TERHADAP MOTIVASI DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MELAKUKAN PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN

  • Luluk Khafifah
Keywords: Taxes,, Quality of Service, Tax Sanctions, Motivation, Tax Compliance

Abstract

Abstrak: Capaian penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan bermanfaat untuk menentukan strategi kebijakan dalam memungut pajak tersebut. Angka penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dengan formula indikator realisasi pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan dibanding target Pajak Bumi dan Bangunan pada tahun 2016 di Kota Malang adalah sebesar 109,75%. Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dengan capaian 109,75% termasuk kategori sangat berhasil yang berasal dari perhitungan rencana Rp.56.869.268.000,00 dengan realisasi Rp.62.416.413.408,00. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengkaji pengaruh kualitas pelayanan, sanksi pajak terhadap motivasi dan kepatuhan wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan. Penelitian ini dilakukan di Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang, dengan sampel sebesar 100 responden wajib pajak. Metode pengambilan sampel dengan tabel Yount dari populasi sebesar 15.000 wajib pajak. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap motivasi wajib pajak; 2) Sanksi pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi wajib pajak; 3) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; 4) Sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; 5) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; 6) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak melalui motivasi; 7) Sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak melalui motivasi.
Kata Kunci: Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Motivasi, Kepatuhan Wajib Pajak
Abstract: Access to land and building tax receipts is useful for determining policy strategies in collecting such taxes. The number of receipts of land and building tax with the formula indicator of realization of income of land tax and building compared to the target land and buildings tax in 2016 in Malang City was 109.75%. Land and building income tax receipt with a reach of 109,75% included very successful category that comes from the calculation of the plan Rs.56.869.268.000.00 with realisation of Rs.62.416.413.408,00. The purpose of this research is to discredit and study the impact of the quality of services, tax sanctions on motivation and compliance with tax obligations in making payment of land and building taxes. The study was conducted at the Municipal Tax Service Agency of Malang City, with a sample of 100 taxpayers. Data analysis techniques used are path analysis using SPSS. Research results show that: 1) Quality of service has a significant influence on the motivation of the taxpayer; 2) Tax sanctions have no significant impact on tax motivation; 3) Service quality has no
Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi Desember 2023 | 362
significant effect on the compliance of taxpayers; 4) Fiscal sanctions significantly affect compliance; 5) Motivation significantly influences compliance with tax obligations; 6) Service quality significantly affects tax compliance through motivations; 7) Tax sanction significantly impacts on compliance by motivation. Keywords: Taxes, Quality of Service, Tax Sanctions, Motivation, Tax Compliance

Published
2024-03-19
How to Cite
Khafifah, L. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK TERHADAP MOTIVASI DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MELAKUKAN PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 25(3), 361-394. https://doi.org/10.37303/a.v25i3.504