ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DIBALIK EKSISTENSI PENGGUNAAN ALAT PEMBAYARAN NON TUNAI QRIS

  • Alfira Rosadian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Koperasi Malang
Keywords: Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, Behavior Intention, QRIS, Trust, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Niat Penggunaan

Abstract

Abstrak: Fenomena tren belanja online semakin kompleks karena didukung dengan hadirnya sistem transaksi pembayaran digital atau non tunai yang memberikan manfaat dan kemudahan masyarakat dalam berbelanja. QRIS adalah produk nasional yang berhasil mendongkrak eksistensinya sebagai salah satu alat pembayaran nontunai yang banyak digunakan masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi niat penggunaan alat pembayaran non tunai QRIS melalui persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan kepercayaan diadopsi dari model Technology Acceptance Model (TAM) menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi manfaat dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan QRIS. Sedangkan persepsi kemudahan menyatakan hasil yang berbeda yakni tidak adanya pengaruh dari persepsi kemudahan layanan terhadap niat penggunaan QRIS. Temuan lain mengasumsikan langkah strategis layanan QRIS melalui penguatan produk, optimalisasi pemerataan dan independensi QRIS. Upaya ini dalam rangka membangun kedaulatan ekonomi digital dan pembangunan Indonesia secara berkelanjutan.

Kata Kunci: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Niat Penggunaan, QRIS

Abstract: The online shopping trend is becoming increasingly complex, driven by the emergence of digital or cashless payment systems, which offer benefits and convenience to consumers. QRIS, a national product, has successfully established itself as one of the most widely used non-cash payment methods today. This study aims to identify the intention to use the QRIS non-cash payment instrument through perceived usefulness, perceived ease of use, and trust adopted from the Technology Acceptance Model (TAM) using a quantitative approach. The results of the study concluded that perceived usefulness and trust had a significant influence on the intention to use QRIS. Meanwhile, the perception of ease of use shows different results, namely that there is no influence of the perception of ease of service on the intention to use QRIS. Other findings assume strategic steps for QRIS services through product strengthening, optimization of QRIS equality and independence. This effort is in order to build digital economic sovereignty and sustainable development in Indonesia.

Keywords: Perceived Usefullnes, Perceived of Ease of Use, Trust, Behavior Intention, QRIS

References

Agustiana, A., Putri, T. M., Nurvianti, R. A., Utami, L. D., Soliha, I. & Syahwildan, M. %J I.-E. (2025). Analisis Kritis QRIS dan GPN dalam Memperkuat Kedaulatan Ekonomi Digital Indonesia (Tinjauan Laporan USTR 2025). 8(2), 708–720.

Arbol, D. M. & Ramli, A. H. (2024). Trust, perceived behavioral control, perceived value and efect moderation of optimism-pessimism level on behavioral intention.

Ariqah, H., Meuthia, R. F. & Djefris Bisnis Dan Ekonomi Indonesia, D. %J J. A. (2023). Pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use dan perceived of risks terhadap minat penggunaan ShopeePay di Kota Padang (Studi kasus pada mahasiswa Politeknik Negeri Padang). 2(1), 184–193.

Aswad, H., Adriyani, A. %J J. of T. & Business. (2024). Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan Berpengaruh Terhadap Minat Pengguna Aplikasi Shopee Berbasis Sistem Informasi Akuntansi. 5(1), 162–170.

Awotkay, A. S. %J J. A. K. D. (2025). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan, dan Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Payment (Qris). 4(1), 92–105.

Bali, S., Chen, T.-C. & Liu, M.-C. %J I. J. of H. I. (2025). Behavioral intentions of low-achieving students to use mobile English learning: Integrating self-determination theory, theory of planned behavior, and technology acceptance model approaches. 41(9), 5522–5532.

BPS. (2025). Publikasi Statistik E-Commerce 2023. https://www.bps.go.id/id/publication/2025/01/30/d52af11843aee401403ecfa6/statistik-e-commerce-2023.html

Choung, H., David, P. & Ross, A. %J I. J. of H. I. (2023). Trust in AI and its role in the acceptance of AI technologies. 39(9), 1727–1739.

Darusman, H. & Putri, R. A. E. %J J. E. dan B. (2025). Pengaruh Kepercayaan, Fitur Layanan Dan Resiko Terhadap Minat Penggunaan Digital Payment Pada Aplikasi DANA (Dompet Digital Indonesia) Di Kecamatan Tambun Selatan. 5(1), 129–149.

Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13, 319. https://doi.org/10.2307/249008

Erwinsyah, E., Ningsih, K. E. & Anjelita, K. (2023). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan terhadap niat untuk menggunakan dan penggunaan aktual teknologi pembayaran digital QRIS. Jurnal Ekonomi Manajemen Indonesia, 23(1), 22–36.

Fadillah, W. & Za, S. Z. %J M. J. M. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Canva. 2(2), 231–240.

goodstats.id. (2025). Transaksi QRIS Tumbuh Hampir 600% pada Kuartal I 2025. https://goodstats.id/article/transaksi-qris-tumbuh-hampir-600-pada-kuartal-i-2025-Wo7Cm

Hapiz, M., Septia, L. P., Aprilianti, D., Aprilianto, D., Maulida, I., Muhammad, F., Shaafia, A., Maulana, M. H. & Herdiana, D. %J M. J. I. M. (2025). Analisis Kebijakan Pengembangan UMKM Digital di Indonesia: Tantangan dan Peluang. 3(5), 36–44.

Hooda, A., Gupta, P., Jeyaraj, A., Giannakis, M. & Dwivedi, Y. K. %J I. J. of I. M. (2022). The effects of trust on behavioral intention and use behavior within e-government contexts. 67, 102553.

Hutagalung, U., Sukriah, Y. & Ritonga, N. (2021). The Influence of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use on Intention to use Gojek Application and its impact on Purchase Decision of Gojek Services. The International Journal of Accounting Business Society, 29(1), 15–34.

Jafri, J. A., Amin, S. I. M., Rahman, A. A. & Nor, S. M. %J H. (2024). A systematic literature review of the role of trust and security on Fintech adoption in banking. 10(1).

Jogiyanto, H. M. %J Y. A. O. (2007). Sistem informasi keperilakuan. 235.

Korniawan, R. %J J. I. E. B. (2024). Analisis Niat Dan Perilaku Pengguna Aplikasi Dompet Digital Berdasarkan Faktor Keamanan, Kepercayaan Dan Risiko Yang Dirasakan (Pengaplikasian Metode Utaut2). 29(2), 192–206.

Kumar, A., Haldar, P. & Chaturvedi, S. %J V.-X. J. of M. (2025). Factors influencing intention to continue use of e-wallet: Mediating role of perceived usefulness. 22(1), 45–61.

Maheshwari, G. (2024). Factors influencing students’ intention to adopt and use ChatGPT in higher education: A study in the Vietnamese context. Education and Information Technologies, 29(10), 12167–12195. https://doi.org/10.1007/s10639-023-12333-z

Published
2025-10-11
How to Cite
Rosadian, A. (2025). ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DIBALIK EKSISTENSI PENGGUNAAN ALAT PEMBAYARAN NON TUNAI QRIS. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 27(2), 201-223. https://doi.org/10.37303/a.v27i2.657
Section
Articles