PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI OCEAN GARDEN JOGLO MALANG

  • Muhamad Nur Ikhsan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Iva Nurdiana Nurfarida Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Yoan Santosa Putra Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Kowiyanto Kowiyanto Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: Kualitas pelayanan, Kualitas produk, Harga, Kepuasan pelanggan

Abstract

Riset ini bermaksud buat mengenali pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk serta harga kepada kepuasan pelanggan di Ocean Garden Joglo Malang. Tipe riset ini ialah riset kuantitatif. Populasi pada riset ini merupakan pelanggan yang pernah tiba di Ocean Garden Joglo Malang. Metode pengumpulan sampel yang dipakai merupakan accidental sampling sebesar 114 responden. Metode analisa data yang dipakai merupakan analisis linier berganda dengan memakai perlengkapan uji statistik IBM SPSS. Hasil dari riset ini membuktikan kalau kualitas pelayanan mempengaruhi positif serta penting kepada kepuasan pelanggan di Ocean Garden Joglo Malang, kualitas produk mempengaruhi positif serta tidak penting kepada kepuasan pelanggan di Ocean Garden Joglo Malang, harga mempengaruhi positif serta penting kepada kepuasan pelanggan di Ocean Garden Joglo Malang.  

Author Biography

Iva Nurdiana Nurfarida, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

 

 

References

Akmal, E., Panjaitan, H. P., & Ginting, Y. M. (2023). Service Quality, Product Quality, Price, Promotion, and Location on Customer Satisfaction and Loyalty in CV. Restu. Journal of Applied Business and Technology, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.35145/jabt.v4i1.118

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Amrullah, A., Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. Kinerja: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99-118.

Arinawati. 2021. Penataan Produk (C3) Kompetensi Keahlian: Daring dan Pemasaran. Jakarta: Penerbit Grasindo

Aritonang, N. E. B. (2020). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di restoran sky tastes vegetarian cuisine.

Chaerudin, S. M., & Syafarudin, A. (2021). Ilomata International Journal of Tax & Accounting (IJTC) The Effect Of Product Quality, Service Quality, Price On Product Purchasing Decisions On Consumer Satisfaction. Ilomata International Journal of Tax & Accounting, 2(1), 61–70. https://www.ilomata.org/index.php /ijtc

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian untuk Penelitian Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen: Edisi Kelima Diponegoro: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fridayanthi, P. D., Sukendra, I. K., Puspawati, G. A. M., & Dharmadewi, A. I. M. (2021). Pkm. Bisnis Kuliner di Era New Normal pada Kegiatan Bakti Sosial

Upmi 2020. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 1(2), 1120.

Ghozali, imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro

Gunawan, D. G. (2022). Pengaruh Label Halal, Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi Melalui Brand Image Dan Brand Trust. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 815-824.

Harjadi, D. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial.

Herlambang, A. S., & Komara, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 7(2), 56. https://doi.org/10.35384/jemp.v7i2.255

Hermawan, Y., Maylani, D., & Mulyana, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk

Smartphone Samsung di Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(3), 641–652. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i3.1256

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B. (2016).Marketing Management, 15e édition. New Jersy: Pearson Education

Krisnawati, S. N. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan SPBU No. 64.751. 15 Samarinda. E Journal Administrasi Bisnis

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran

Kompetitif, 2(2), 115. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2464

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. JIBM : Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134–146. www.investor.iddi

Mutiawati. (2019). Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Deepublish

Publisher. Ningsih, S. S. N., & Machali, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Di SD Negeri Nanggulan Maguwoharjo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 215-228.

Nur Aini Ariqoh Ummah1*, B. W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Cafe Madani Bumdes Rambipuji. Jurnal Manajemen, 16(1), 174–183. https://doi.org/10.2207/jjws. 91.393

Omar, M. S., Ariffin, H. F., & Ahmad, R. (2016). Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan dan Pengaruh Gender: Studi Restoran Arab. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 224, 384–392.

Parasuraman, Zeithhaml dan Berry (1991). Delivering Service Quality, New York: Free Press

Prabantoro, G., & Dwiputra, J. (2020). Kepuasaan Konsumen di Coffe Ography Jakarta Pusat. Repository STEI, 1–21.

Purnomo, Y. (2017). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93-105.

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joceip.v15i1.226

Rabiah, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Nesmilo Di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(1), 65. https://doi.org/10.54144/jadbis .v8i1.3259

Rusydi Abubakar. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabet

Sari, N., & Khalid, J. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Cillo Coffee. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 2022. https://doi.org/10.46306/vls.v3i2.218

Sholikhah, A. F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(2), 692–708. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.352

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulistya, & Rohwiyati. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4), 1–18.

Supriyanto, A., Wiyono, B. B., & Burhanuddin, B. (2021). Effects of Service Quality and Customer Satisfaction on Loyalty of Bank Customers. Cogent Business & Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975 .2021.1937847

Tombeng, B., Roring, F., & Rumokoy, F. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Raja Oci Manado. 891 Jurnal EMBA, 7(1), 891–900

Wijaya, W. R., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Restoran ABC di Pantai Indah Kapuk). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(3), 82–91.

Winata, E. (2023). The Effect of Service Quality, Facilities and Location on Customer Satisfaction. International Journal of Law Policy and Governance, 2(1), 1–2. https://doi.org/10.54099/ijlpg.v2i1.546

Zahara, M., Andreansyah, N., Wati, R., & F Sanjaya, V. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Kfc Lampung. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(1), 67–76. https://doi.org/10.24967/jmb.v7i1.1069

Published
2025-10-13
How to Cite
Ikhsan, M., Nurfarida, I., Putra, Y., & Kowiyanto, K. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI OCEAN GARDEN JOGLO MALANG. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 27(2), 266-282. https://doi.org/10.37303/a.v27i2.656
Section
Articles