PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN FELONA BAKERY DI BANDAR LAMPUNG

  • Yulisti Wijaya Universitas Bandar Lampung
  • Tri Lestira Putri Warganegara
Keywords: Kualitas Produk, Citra Merek, Media Sosial, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstrak: Riset ini bertujuan guna mengkaji apakah kualitas produk, citra merek, dan media sosial memengaruhi keputusan konsumen dalam  membeli di Felona Bakery Bandar Lampung. Dalam studi ini, melibatkan semua pihak yang pernah melakukan transaksi di Felona Bakery dijadikan sebagai responden. Jumlah responden ditentukan dengan rumus Slovin dan diperoleh 99 responden. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dan pengolahan data memanfaatkan program SPSS 30. Hasilnya menunjukkan bahwa citra merek dan media sosial punya peran yang besar dan secara positif memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk. Sebaliknya, kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pengujian regresi linier berganda mengungkapkan bahwasanya keputusan pembelian Felona Bakery dipengaruhi secara kolektif oleh kualitas produk, citra merek, serta media sosial.

Abstract: This study aims to examine whether product quality, brand image, and social media influence consumer purchasing decisions at Felona Bakery Bandar Lampung. In this study, all parties who have ever made transactions at Felona Bakery were used as respondents. The total respondents were determined using the Slovin formula, resulting in 99 participants. The research was conducted quantitatively and data processing utilized the SPSS 30 program. The results showed that brand image and social media have a significant role and positively influence consumer purchasing decisions when purchasing products. Conversely, product quality has no effect on purchasing decisions. Linear regression testing revealed that Felona Bakery purchasing decisions are collectively influenced by product quality, brand image, and social media.

References

Apriany, A., & Gendalasari, G. G. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1), 105–114. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1278

Billy Surya Hanjaya, Bayu Setyo Budihardjo, & Catharina Aprilia Hellyani. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Umkm. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(3), 92–101. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.290

Cahyadi, I. G. N. (2020). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelia pada air minum dalam kemasan fotaqua di badung bali. Values, 1(4), 152–159. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/1444

Ekasari, N. (2014). Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT. BFI Finance Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 16(2), 81–102.

Erida, E., Indrawijaya, S., & Abdilah, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kaos Merek Jakoz (the Effect of Product Quality and Brand Image on Consumer Satisfaction of Jakoz Brand T-Shirt Product). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(1), 23–33. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i1.9236

Fera, F., & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1–13.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911

Halim, R., & Hamzah, M. I. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Promosi Sebagai VariabelIntervening Pada Kosakata Apparel. (JEBI) Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 15(1), 18. www.jurnal.stiebi.ac.id

Imanulah, R., Andriyani, I., & Melvani, F. N. (2022). Pengaruh Citra Toko, Varian produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Pancious SOMA Palembang. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 285–295. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i1.1743

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34

Jansen, F. Y., Worang, F. G., & Arie, F. V. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat 2019-2020 the Effect of Brand Equity , Brand Image , and Product Quality on Consumer Purchase Decisions on Samsung Smartphone Products on Students of the Fac. Jurnal EMBA, 10(1), 279–288.

Japlani, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik di Kota Metro Lampung. Jurnal Manajemen, 14(2), 168–177.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I (Edisi ke 1). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 14). Pearson Prentice Hall.

Laraswati, C., & Harti, H. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek Dan Etnosentrisme Konsumen Terhadap Minat Pembelian Produk Somethinc. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 12(2), 185–196. https://doi.org/10.37932/j.e.v12i2.564

Magdalena, M., & Wilzarwan. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Pada Toko Max-Indo Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 271.

Nari, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Al-Iqtishad, 17(2), 176. https://doi.org/10.24014/jiq.v17i2.10602

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Nasya Amini, D. (2023). The Effect of Social Media on the Purchase Decision Making Process by Customers in Small Enterprise Sajodo Snack, Bandung, Indonesia Pengaruh Media Sosial Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Pelanggan pada Usaha Kecil Sajodo Snack, Bandung, In. International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 4(1), 52–62. https://ijabo.a3i.or.id

Nizar, M., & Tuti, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu. Culinaria, 3(2), 1–10.

Pasaribu, V. L. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Business Management Journal, 18(1), 37. https://doi.org/10.30813/bmj.v18i1.2829

Warganegara, L., & PutriSuciyati, A. (2023). Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science Determination Of Marketing Performance Of SMEs In Bandar Lampung City. https://ajmesc.com/index.php/ajmesc

Warganegara, T. L. P., & Safitri, D. (2023). Pengaruh Promosi Online dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk UMKM Kopi Kenangan Ruko Ahmad Yani di Bandar Lampung. Jurnal EMT KITA, 7(2), 521–529. https://doi.org/10.35870/emt.v7i2.1159

Yafi Faishal Riskyady, & Raya Sulistyowati. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181–1187. https://ln.run/NC3CD

Yulie Aisyah Binrany, Olivia Theresia Manurung, Christian Putra Tarigan, Lenti Susanna Saragih, & Aurora Elise Putriku. (2024). Analisis Media Sosial dalam Peningkatan Pemasaran Global. Student Scientific Creativity Journal, 2(4), 109–117. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i4.3405

Published
2025-10-11
How to Cite
Wijaya, Y., & Warganegara, T. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN FELONA BAKERY DI BANDAR LAMPUNG. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 27(2), 184-200. https://doi.org/10.37303/a.v27i2.642
Section
Articles