PENGARUH CONTENT MARKETING, LIVE STREAMING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKTOKSHOP DI LAMONGAN

  • Aldiva Syafarinda Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Darianto Darianto Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
Keywords: content marketing, live streaming, online customer review, keputusan pembelian

Abstract

Konsumen di era digital saat ini cenderung mencari dan mempercayai informasi dari berbagai saluran daring daripada iklan tradisional atau saran dari lingkungan terdekat mereka. Menurut pergeseran paradigma ini, media sosial telah menjadi sumber informasi utama yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan penekanan pada pelanggan di Kabupaten Lamongan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa secara menyeluruh bagaimana konten pemasaran, streaming langsung, dan ulasan pelanggan daring memengaruhi keputusan pembelian di platform TikTokShop. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dan partial least square structural equivalency modeling (PLS-SEM) digunakan untuk menganalisis data. Populasi penelitian ini terdiri dari pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Lamongan. Melalui penyebaran kuesioner, 100 responden memberikan data primer yang akan digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ulasan pelanggan daring, siaran langsung, dan konten pemasaran semuanya memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk dari TikTokShop. Ulasan pelanggan daring menawarkan pelanggan keyakinan untuk membeli, siaran langsung menghasilkan interaksi langsung yang edukatif, dan konten pemasaran membantu membuat informasi produk lebih relevan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan untuk studi dan literatur masa depan tentang pemasaran digital.

References

Amin, D. E. R., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim.
Bs, S., Arizal N, & Ririn Handayani. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.
Faradiba, B., & Syarifuddin, M. (2021). Pengaruh Live Streaming Video Promotion Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Buying Purchasing.
Fariq Maulana Aryasa, M. R. R. (2024). Artikel Pengaruh Price Discount , Content Marketing , Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok.
Febriyanti, A., & Ratnasari, I. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review Dan Flash Sale.
Fera Valentina, Sutianingsih Sutianingsih, Agustin Diah Nurbaiti, & Prisella Putri Octaviyani. (2024). Strategi Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Reviews untuk Mengoptimalkan Keputusan Pembelian Konsumen.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial.
Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta.
Maulidya Nurivananda, S., Fitriyah, Z., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). The Effect Of Content Marketing And Live Streaming On Purchase Decisions On The Social Media Application Tiktok (Study On Generation Z Consumers @Scarlett_Whitening In Surabaya) Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian
Misbakhudin, A., & Komaryatin, N. (2023). Content Marketing, Live Streaming, And Online Customer Reviews On Fashion Product Purchase Decisions.
Nada, F., Ramadhayanti, A., & Masahere, U. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Pengguna Tiktok Shop.
Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang).
Ramadhana, R., & Nicky, M. F. (2022). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee: Influence Of Online Customer Review On Purchase Decisions On The Marketplace.
Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Iklan Televisi Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Bali.
Rohmatulloh, I. H., & Nugraha, J. (2022). Penggunaan Learning Management System di Pendidikan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19
Rusmini, A. (2023). Faktor Keberhasilan Promosi skintific dengan Mengimplementasikan Digital Marketing pada TikTok.
Saputra, G. G., & Fadhilah. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z.
Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian.
Sofyan, M., Rulandari, N., & Sari, Y. (2021). Analisis Proses Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Mall Indonesia.
Tabelessy, W. (2022). Minat Beli Konsumen Kedai Blue Shelter Dipengaruhi Oleh Content Marketing Dan Word of Mouth.
Valentina, A., Rizal, M., & Hardiningtyas, R. T. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Media Sosial Tiktok.
Wardani, W. K., Nurhidayah, & Mustapita, A. F. (2023). Pengaruh Online Review Promo Diskon Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelan Pada E-Commerce Tiktokshop.
Published
2025-03-27
How to Cite
Syafarinda, A., & Darianto, D. (2025). PENGARUH CONTENT MARKETING, LIVE STREAMING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKTOKSHOP DI LAMONGAN. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 27(1), 86-101. https://doi.org/10.37303/a.v27i1.612
Section
Articles