PENGARUH LIVE STREAMING, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA KONSUMEN PRODUK SOMETHINC
Abstract
Konsumen entah bagaimana tidak mempunyai informasi yang cukup mengenai barang, jasa yang akan dibeli. Konsumen dapat memperoleh informasi melalui live streaming dan kualitas produk somethinc. Keputusan pembelian proses yang dipakai individu maupun organisasi menentukan pembelian barang,jasa yang didasari kriteria tertentu. Tujuan dari penelitian mengetahui live streaming, kualitas produk mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk tertentu melalui kepuasan pelanggan pada pengguna e-commerce di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan program smartpls 3.0, sampel sebanyak 100 responden. Analisis kuantitatif dengan model persamaan struktural Least Square (sem-pls). Analisis data penelitian menggabungkan model inner dan outer, dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan pendekatan non-probabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, live streaming dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Kepuasan pelanggan memediasi live streaming, kualitas produk pada keputusan pembelian somethinc.
References
Alfiyansah, R., Faijurahman, A. N., & Ramdani, H. T. (2021). Live Streaming di Laboratorium Keperawatan sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Keterampilan Mahasiswa: Studi Kasus pada Mata Kuliah Keperawatan Dasar. Penerbit NEM.
Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia. AMAR (Andalas Management Review), 4(2), 16–31. https://doi.org/10.25077/amar.4.2.16-31.2020
Amin, D. E. R., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim. Jurnal Edunomika, 07(01), 1–11. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/8056
Anam, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Rental Mobil Mitra Transport) Suwitho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(9), 1–15.
Anisa, -, R. R., & Nurul Chamidah. (2022). Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131–143. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.230
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian
Apriliani, H. N., & Setyawati, H. A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Moisturizer Skintific. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 5(3), 247–258. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i3.448
Ariyanto, T., Herwin, H., & Sujati, H. (2023). Uji Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Instrumen Tes Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan CFA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2977–2987.
Faradiba, B., & Syarifuddin, M. (2021). Pengaruh Live Streaming Video Promotion Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Buying Purchasing.
Handayani, R., Fitriadi, B. W., & Pauzy, D. M. (2022). The Influence of Social Media TikTok and E-wom Interested to Buy Soemethinc Brand and Impact on The Purchace Decision (Survey of TikTok Users in The Management Study Program of University Perjuangan Tasikmalaya). Journal of Indonesian Management, 2(3), 473–482. https://doi.org/10.53697/jim.v2i3.863
Harahap, L. K. (2020). Analisis SEM (Structural Equation Modelling) Dengan SMARTPLS (Partial Least Square). Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Walisongo Semarang, 1, 1.
Lionarto, L., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. (2022). Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 527–545. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3709
Maharani, A. P., & Tazliqoh, A. Z. (2024). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Produk Somethinc Melalui E-commerce. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 11126–11135.
Maharani, S., & Nasution, S. A. (2023). Pengaruh Harga, Selebgram Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc pada Mahasiswa FEB UMSU. Jurnal SALMAN (Sosial Dan Manajemen), 4(3), 275–289.
Majiid, N. A., Kurniawan, R., & Setyahun, S. W. (2024). Pengaruh Kemasan, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Berulang Mixue Semarang. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 5(1), 439–450.
Maslucha, L., & Ajizah, N. (2023). Pengaruh Live Streaming Tiktok, Brand Minded, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scincare Scarlett (Study Pada Followers Tiktok Scarlett Di Indonesia). Mufakat Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 912–922.
Masnun, S., Makhdalena, M., & Syabrus, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3736–3740. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4280
Maulidya Nurivananda, S., Fitriyah, Z., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). The Effect Of Content Marketing And Live Streaming On Purchase Decisions On The Social Media Application Tiktok (Study On Generation Z Consumers @Scarlett_Whitening In Surabaya) Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pa. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3664–3671. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Muhson, A. (2022). Analisis Statistik Dengan SmartPLS. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–34.
Mukuan, K., Mandey, S. L., & Tampenawas, J. L. A. (2023). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Di Rumah Makan Maji Ayam Geprek Cabang Jalan Bethesda Sario.
Nuraini, S. (2023). Pengaruh Live Streaming, Brand Awareness, Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Henz Abc Di Pt Tirta Gracia Utama.
Nuryanti, A. F., Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2023). The influence of product quality, word of mouth and customer satisfaction on purchasing decisions for texas collection bags at the texas collection shop in east jakarta. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 6(Januari-Juni 2023), 2749–2758.
Oda, N., Kurashina, S., Miyoshi, M., Doi, K., Ishi, T., Sudou, T., Morimoto, T., Goto, H., & Sasaki, T. (2015). Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Konsumen Dengan Structural Equation Modeling Partial Least Square Alodya. International Conference on Infrared, Millimeter, and Terahertz Waves, IRMMW-THz, 59–71. https://doi.org/10.1109/IRMMW-THz.2014.6956015
Pane, D. H., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Di Situs E-Commerce Bukalapak. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 149–155.
R.Adjeng, W. K. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Trust sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tiktok Shop Di Beberapa Universitas Favorit Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen STIE Bank BPD Jateng, 8(3), 1–16.
Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 21–30. https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i2.286
Reosunaung, D. A., Lapian, S. L. H. V. J., Serulo, S., Loindong, R., Manajemen, J., Universitas, B., & Ratulangi, S. (2024). D . A . Reosunaung ., S . L . H . V . J . Lapian ., S . J . R . Loindong .. Analisis Pengaruh Live Streaming Dan Consumer Reviews Terhadap Kepuasan Pelanggan Dimediasi Oleh Keputusan Pembelian Pada Pakaian Thrift Wanita Toko Cia Clothings Di Facebook Grou. 12(03), 140–152.
Rika Widianita, D. (2023). Pengaruh Direct Marketing Dan Kualitasproduk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Intervening Kepuasan Konsumen Pada Live Streaming Marketing Tiktok. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Rohmatulloh, I. H., & Nugraha, J. (2022). Penggunaan Learning Management System di Pendidikan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19: Model UTAUT. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(1), 48–66. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n1.p48-66
Rosalyn, A. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc (Studi Kasus Konsumen Skincare Somethinc Daerah Depok).
Rqdog, S., Rqr, V. D. U., & Sembiring, I. J. (2014). Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. 15(1), 1–10.
Saputra, F., Ali, H., & Mahaputra, M. R. (2023). Peran Ingredients, Influencer Review dan Live Streaming Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Skincare Varian Mugwort. Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial (JKIS), 1(3), 141–153. https://dinastires.org/https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Saragih, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Bastard Clothing.
Sarah, S., & Sobari, N. (2022). The effect of live streaming on purchase intention of e-commerce customers. Proceeding of the International Conference on Family Business and Entrepreneurship, 3(1).
Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise).
Siantara, D. P., Harahap, M., & Hasibuan, A. Y. P. (2022). Consumer Satisfaction Analysis of Product Quality and Service at Afifa Holat Restaurant in Rantau Prapat City. Economic: Journal Economic and Business, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.56495/ejeb.v1i1.230
Silitonga, S., Nasution, W. F., Tinggi, S., Manajemen, I., & Medan, S. (2024). Pengaruh Fitur Live Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Pelanggan E-Commerce Shopee. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(6), 347–353. https://doi.org/10.62017/jemb
Sinaga, S. M., & Rochdianingrum, W. A. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 13(4), 1–19.
Soekotjo, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Dnd Pet Terhadap Kepuasan Konsumen. Performa, 7(3), 321–329. https://doi.org/10.37715/jp.v7i3.2897
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Suparno, & Hermiati, N. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan. Jurnal Pundi, 04(01), 55–70.
Wardani, I. Y., Ruspitasari, W. D., & Handoko, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada 200 Cafe and Food Di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 89–100. https://doi.org/10.32815/jubis.v3i2.1524
Yusuf, M. F., Badi’ah, R., & Dedyansyah, A. F. (2024). Meningkatkan Repurchase Intention melalui Security dan Satisfaction: Studi Kasus Marketplace di Indonesia. JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur, 4(2), 295–304. https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i2.266
Zami, R. Z. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping Dan Online Customer Review. Doctoral Dissertation STIE Bank BPD Jateng, 1–16.

