PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

(Studi Kasus Pada Konsumen di Starbucks Ahamd Yani Lampung)

  • Hafid Alviero Farabi Universitas Bandar Lampung
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni guna menganalisa pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap pembelian di Starbuck Ahmad Yani Lampung. Populasi penelitian ini terdiri dari konsumen yang melakukan pembelian di gerai tersebut, sementara sampel penelitian yakni 100 responden yang menjadi konsumen di gerai yang ditentukan memakai teknik Accidental Sampling, yakni konsumen yang secara kebetulan membeli produk di Starbucks Ahmad Yani. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif berbasis populasi, dimana data dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Persamaan regresi yang didapatkan yakni Y = 6,446 + 0,247X1 + 0,545X2, yang mengindikasikan bahwasanya variabel kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) mampu memberi pengaruh pada keputusan pembelian (Y) secara positif. Hasil dari analisis memperlihatkan jika kualitas pelayanan dan harga mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen secara signifikan baik simultan maupun individual. Studi ini menegaskan bahwasanya kedua variabel tersebut sangat krusial didalam mendorong keputusan pembelian, dengan harga yang mempunyai pengaruh lebih besar daripada kualitas pelayanan. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi Starbucks Ahmad Yani Lampung untuk terus merencanakan strategi harga yang tepat dan mengoptimalkan kualitas layanan guna memperkuat loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan

References

A. Hussein Fattah. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Elmatera.
Amirullah, (2017), Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Barusman, T. M. V., Barusman, A. R. P., Warganegara, T. L. P., & Marcellino, R. (2022). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP CUSTOMER REVISIT INTENTION PADA COFFEE SHOP DI BANDAR LAMPUNG. VISIONIST, 11(1), 1-8.
Berman, Barry, Joel R. Evans, dan Patrali Chatterjee. 2018. Retail Management: A Strategic Approach, Global Edition. Edisi 13. New Jersey: Pearson Education Limited.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Principles of Marketing Global. USE: Pearson Education, 6, 47-48.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta: Erlangga
Lewis dan Boom (2016), Service, Quality & Satisfaction.Edisi ke 3 Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra, Yogyakarta: Penerbit Andi
Lupiyoadi, R., (2018). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3, Jakarta: Salamba Empat.
Lupiyoadi. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Jakarta: Salemba Empat.
Muhamad Saleh,Munnik Haryanti 2017. Kabel NYAF. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/143398-ID-rancang-bangunsistem-keamanan-rumah-men.pdf (diakses pada tanggal 14 november 2019).
Stanton, William J. 2017. Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono, F. 2018, Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan,dan Penelitian. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. 2017. Pemasaran Strategik. Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI)
Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi
Published
2025-09-25
How to Cite
Farabi, H. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 27(1), 138 - 154. https://doi.org/10.37303/a.v27i1.604
Section
Articles