PENGARUH KEMUDAHAN, KENYAMANAN, KEPERCAYAAN, DAN RISIKO TERHADAP MINAT MENABUNG
(Penelitian Pada Anggota KSU Nawara Jepara)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh kemudahan, kenyamanan, kepercayaan, dan risiko terhadap minat menabung. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu koperasi meningkatkan layanannya dan menarik lebih banyak anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis data primer dan data sekunder, data primer dalam penelitian ini yaitu berupa kuesioner dan data sekunder dalam penelitian ini berupa penelitian terdahulu dan data lain yang mendukung temuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 1000 anggota KSU Nawara Jepara, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunkan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan model purposive sampling yang memeperoleh sampel sebanyak 91 responden selama periode penelitian dilakukan. Pengumpulan data kuesioner disusun dengan skala likert 1-4 point, nilai 1 artinya sangat tidak setuju sampai nilai 4 artinya sangat setuju. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemudahan dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat menabung, sedangkan variabel kenyamanan dan risiko tidak berpengaruh terhadap minat menabung pada KSU Nawara Jepara. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan minat menabung anggota harus difokuskan pada membangun kenyamanan anggota dan mengurangi persepsi risiko.
References
Aprileny, I., Harjuniarti, A., & Apri Emarawati, J. (2024). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Web Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menabung Produk Digital Saving BRI Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada nasabah BRI Cabang Jatinegara). Ikraith-Ekonomika, 7(2), 211–220. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i2.3350
Batubara, M. C., & Anggraini, T. (2022). Analisis Pengaruh Layanan Digital terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan Produk Perbankan Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 706–725. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index
Cleanita Imra’atul Khasanah, & Nur Huri Mustofa. (2022). Analysis of Customer Perceptions, Trust and Brand Image on Customer Interest and Saving Decisions. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 93–111.
Dendi Oktavian, R., & Oktafia, R. (2019). Perkembangan Ekonomi dan Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/ideprint/3734
Ermawati, C., & Sidiq, A. W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk KCP Kendal Boja. SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(3), 211–219. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i3.4062
Hartono, E., Santhanam, R., & Holsapple, C. W. (2007). Factors that contribute to management support system success: An analysis of field studies. Decision Support Systems, 43(1), 256–268. https://doi.org/10.1016/j.dss.2006.09.012
Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.790
Hasibuan, Malayu SP. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103–108.
Iradianty, A., & Azizah, P. Z. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Sosialisasi Keuangan Keluarga, dan Uang Saku Terhadap Minat Menabung pada Siswa Usia Remaja Kota Yogyakarta. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS), 4(1), 13–22. https://doi.org/10.33476/jobs.v4i1.3600
Maharani, R., Supriyanto, T., & Rahmi, M. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus pada BSI Ex BSM). Jurnal Syarikah P, 7(2), 127–135. www.bankbsi.co.id
Malikah, I. M., Mulyadi, D., & Sandi, S. P. H. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kepercayaan Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Financial Technology Peer To Peer Lending (Pinjaman Online) Pada Mahasiswa Manajemen 2018-2019 Universitas Buana Perjuangan Karawang. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi: JMMA, 2(3), 451–467.
Nurdin, Winda Nur Azizah, & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan,Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2), 199–222. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i2.32.198-221
Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140–153. https://doi.org/10.32627/maps.v3i2.135
Razi, S., Syahrudin, H., & Budiman, J. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Uang Saku, dan Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Untan. Jurnal Edukasi Ekonomi, 1(1), 1–9. http://jurnal.untan.ac.id/JEE1
Rodríguez, Velastequí, M. (2019). No Minat Menabung Masyarakat Pada Koperasi Syariah Dan Bri Di Singki Kabupaten Enrekang. 1–23.
Rohmah, N. (2024). Pengaruh kemudahan dan literasi keuangan syariah terhadap minat menabung di bank syariah indonesia. 7(1), 59–67.
Setyawan, Y. N., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–8.

