DATERMINAN MINAT BELI MASYARAKAT TERHADAP PRODUK ROTI AROMA BAKERY

  • Dewi Nurmasari Pane Universitas Pembangunan Panca Budi
Keywords: Produk; Harga; Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari kualitas produk, harga, dan selera konsumen, minat beli produk Aroma Bakery & Cake Shop Cabang Medan Sunggal. Populasi pada penelitian ini berjumlah 1100 responden dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 80 orang responden yang dihitung dengan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian di lakukan di Kota Medan dan dilakukan di Oktober 2023 – Desember 2023. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diolah dengan aplikasi SPSS versi 24.0 dengan model regresi linear berganda. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diambil langsung dari responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas produk, Harga, Selera konsumen dan keamanan secara parsial dan simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli produk

References

Anwar, R. N., & Afifah, A. (2018). Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap Minat Beli di situs Online (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Jurnal Manajemen, 9(1), 46–57.

Arianti, R., & Chasanah, A. N. (2024). PENGARUH POTONGAN HARGA, E-SERVICE QUALITY DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SHOPEEFOOD MAHASISWA UDINUS. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 26(1), 2579–6070.

Furi, R. , H. N., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Keamanan, Kemudahan, Kepercayaan dan Pengalaman Berbelanja terhadap Minat Beli Online pada Situs Jual Beli Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(2).

Ghristian, I. D. (2016). Pengaruh Harga Diskon, Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Selera Terhadap Minat Beli Celana Jeans Levi’s Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 5(2).

Gunawan, N. F. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Two Good Bakery. Jurnal Mitra Manajemen, 4(12).

Hendratni, T. W., & Retnosari, D. (2020). Penerapan manajemen resiko terhadap nilai perusahaan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(3), 409–418.

Hendrayani, E. (2020). Strategi Investasi dan Manajemen Resiko Terhadap Perusahaan Makanan Khas Bukit Tinggi. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(1), 1–5.

Joel, G. , M. J. D., & Sepang, J. L. (2014). Pengaruh Selera, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Leksono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dalam bidang Ekonomi. Penerbit Grafindo.

Pane, D. N. (2018a). Analisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian teh botol sosro (studi kasus konsumen alfamart cabang ayahanda). Jumant, 9(1).

Pane, D. N. (2018b). Pengaruh Aromaterapi Jahe Terhadap Rasa Mual Muntah Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Rengel Kabupaten Tuban. J Chem Inf Model, 53(9).

Pane, D. N. (2020). Upaya Peningkatan Repurchase Intention Melalui Sosial Media Dan Word Of Mouth Terhadap Hotel Parbaba Beach Di Daerah Pariwisata Kabupaten Samosir. Jumant, 12(1).

Pohan, S. H. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT LOYALITAS NASABAH DALAM MENJAGA KELANGSUNGAN USAHA PEGADAIAN SYARIAH DI KOTA PEKANBARU. Jumant, 11(1).

Retnowulan, J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi. Cakrawala, 17(2).

Rusiadi., S., & Hidayat, R. (2016). Metode Penelitian, Manajemen Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisre. USU Press.

Santoso, H., & Soesatyo, Y. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Nokia Lumia 520 di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen , 2(2).

Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Konsumen (Studi Pada PT. Samudranesia Tour And Travel Pekanbaru). JOM Fisip, 4(1).

Suryanto, I. (2024). ADVENTURE SHOPPING, IDEA SHOPPING, VALUE SHOPPING DAN SOCIAL SHOPPING TERHADAP IMPULSE BUYING TENDENCY. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 26(1), 2579–6070.

Susanti, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Konsumen Dalam Membeli Produk Tupperware Pada Perumahan Griya Tika Utama Pekanbaru. Menara Ekonomi, 3(5).

Susanto, D. (2015). Penguatan Manajemen Masjid Darussalam Di Wilayah RW IV Kelurahan Banjardowo Kecamatan Genuk Kota Semarang. DIMAS: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 15(1)(5), 175–206. http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/dimas/article/view/742

Utami, R. P., & Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik di Pasar Sambas Medan. Jurnal Niagawan, 6(2).

Zakaria, N., Saptaria, L., Afrianto, D., Buniarto, E. A., & Hernanik, N. D. (2024). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING MELALUI E-COMMERCE (PRESTASHOP) SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN IKAT BANDAR KOTA KEDIRI. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 26(1), 2579–6070.

Published
2024-12-01
How to Cite
Pane, D. (2024). DATERMINAN MINAT BELI MASYARAKAT TERHADAP PRODUK ROTI AROMA BAKERY. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 26(2), 218-229. https://doi.org/10.37303/a.v26i2.566
Section
Articles