PENGARUH MOTIVASI KUALITAS, KARIR, DAN FINANCIAL ECONOMI TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI

Studi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Islam Malang

  • Sukma Perdana Universitas Wisnuwardhana
Keywords: motivasi kualitas; karir; finansial ekonomi; minat pendidikan akuntansi

Abstract

Dengan perkembangan ekonomi dan tantangan yang semakin kompleks, lulusan akuntansi harus mampu beradaptasi dan tidak terpaku pada zona nyaman mereka, serta memastikan bahwa para profesional akuntansi memenuhi standar yang diperlukan untuk bersaing di pasar kerja. Minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi mengalami penurunan. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kurangnya informasi mengenai PPAk, persepsi diskriminasi dalam pemberian gelar akuntan, tidak meratanya tingkat profesionalisme di dunia kerja, dan tantangan dalam memenuhi persyaratan tambahan seperti ujian CA. Meskipun ekonomi Indonesia terus berkembang dan banyak perusahaan serta lembaga baru bermunculan, jumlah akuntan yang ada masih belum mencukupi. Hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh berbagai motivasi lainnya, termasuk motivasi kualitas, karir, dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh motivasi kualitas, karir, dan ekonomi terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti program pendidikan PPAk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kualitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk. Motivasi karir tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk, sedangkan motivasi ekonomi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti PPAk.

References

Atarwaman, R.J.D. (2014). Motivasi Kualitas, Motivasi Karier Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi (S1) Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK). Universitas Pattimura Ambon.
Benny dan Yuskar. (2006). “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)”, Simposium Nasional Akuntansi IX.
Defitri, S.Y. (2016). Pengaruh Motivasi Karir dan Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Minat untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) (Studi Empiris pada UMMY Solok). JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi). Vol 1 No 01.
Fajarsari, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang. Pamator Journal. Vol 13. Issue 1.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ikatan Akuntansi Indonesia: Home. (2021). Peraturan Organisasi Ikatan Akuntan Indonesia Tentang Ujian Sertifikasi Akuntan Profesional. https://web.iaiglobal.or.id/beranda#gsc.tab=0.
Ikbal, Muhamad, (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk MengikutiPendidikan (PPAk). Skripsi. Progam S1 Universitas Diponegoro, Semarang.
Ilmiha, J & Syafrizal. (2017). Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Karir Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM). Vol 4 No 3.
Kusmaeni, E dkk. (2020). Laporan Penelitian. Pengaruh Motivasi dan Pendidikan Terhadap Minat Lulusan S1 Akuntansi untuk Menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus pada Lulusan S1 Akuntansi di Surabaya). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Stiesia. Surabaya.
Kusumo, D. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret). Skripsi. Program S1 Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Meliana & Jaeni. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, Vol. 15, No. 1.
Mirawati. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Akuntan Publik.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 153 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesi Akuntan.
Peraturan Menteri Keuangan RI No. 216/PMK.01/2017). Tentang Akutan Beregister (AB)
Putri, N.P dkk. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi, Universitas Mahasaraswati Denpasar). Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen Vol. 1, No. 2.
Sari, D.A. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Profita Edisi 1 Tahun 2016. Universitas Negeri Yogyakarta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Alfabet.
Surbakti, R.T. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Golongan I Di Universitas Katolik Parahyangan. E-Journal Graduate Unpar Part A: Economics. Vol. 1, No. 2.
Rahardian, I. (2008). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti PPAk. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Wahyuni, Sri. (2010). Pengaruh Motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Skripsi. Jurusan Akuntansi Universitas Riau.
Widiastuti & Suryaningsum. (2005). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppa). UPN Veteran Yogyakarta.
Y. Kusumo. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Untuk Mengikuti PPAk (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya Malang). Universitas Brawijaya Malang.
Published
2024-10-26
How to Cite
Perdana, S. (2024). PENGARUH MOTIVASI KUALITAS, KARIR, DAN FINANCIAL ECONOMI TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 26(2), 157-171. https://doi.org/10.37303/a.v26i2.559
Section
Articles