Kepuasan Pelayanan Administrasi Akademik Mahasiswa Di Pascasarjana Universitas Negeri Malang

  • Liza Retnowulan

Abstract

Kepuasan mahasiswa dalam hal pelayanan
administrasi akademik oleh pegawai Pascasarjana adalah sangat
dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Berdasarkan konteks
tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian yang terdiri dari
(1) Proses penyusunan Sajian Matakuliah/ Jadwal Kuliah yang
baik dan tepat waktu, (2) Proses pendaftaran Matakuliah/ KRS online
yang mudah diakses, lancar dan memuaskan, (3) Proses
penyiapan Daftar Hadir Kuliah/ DHK sesuai yang diprogram/
dipilih mahasiswa, (4) Proses penataan dan penggunaan ruang
kuliah yang baik, tertib dan jelas; di Pascasarjana Universitas
Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Teknik pengamatan berperan serta (participant-observation) yaitu
peneliti mengumpulkan data dengan cara menjadi bagian atau
terasosiasikan dengan subjek penelitian. Pengecekan keabsahan
temuan dilakukan dengan teknik triangulasi dan pemeriksaan
sejawat melalui diskusi. Berdasarkan penelitian ditemukan 1).
Penyusunan Sajian MK/ Jadwal Kuliah 2) Pendaftaran
Matakuliah/ KRS on-line 3). Penyiapan Daftar Hadir Kuliah
/DHK dan 4) Penataan/ penggunaan ruang kuliah/ ruang ujian
semuanya memerlukan effektifitas dan efisiensi serta ketepatan
waktu, kelancaran akses on-line . Pemeliharaan sarana dan
prasarana kampus yang teratur dan kontinyu dilakukan dalam
jangka waktu yang lama, serta perlu penambahan ruang kuliah
yang cantik bukan berarti mewah tapi nyaman.
Kata kunci : kepuasan, pelayanan, administrasi akademik.

Published
2017-10-03
How to Cite
Retnowulan, L. (2017). Kepuasan Pelayanan Administrasi Akademik Mahasiswa Di Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 16(2), 45 - 57. https://doi.org/10.37303/a.v16i2.55
Section
Articles