INOVASI DESAIN KEMASAN KERUPUK IKAN DENGAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEVELOPMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN
Abstract
Desain kemasan produk makanan berperan penting dalam menciptakan motivasi pembelian sehingga berdampak pada peningkatan hasil penjualan. Produk makanan kerupuk ikan merek “Rizky” belum memiliki desain kemasan yang memenuhi persyaratan unsur visual dan fungsional sehingga kurang mampu menarik minat beli konsumen dan meningkatkan hasil penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inovasi desain kemasan produk krupuk ikan Rizky menggunakan metode QFD. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada 60 konsumen. Penelitian ini menghasilkan inovasi desain kemasan kerupuk ikan yang memenuhi nilai estetis dan fungsional. Berdasarkan metode QFD diperoleh lima prioritas kebutuhan kemasan sesuai harapan konsumen antara lain : 1) Warna, bentuk, merek, huruf, tata letak, logo, gambar, dan ilustrasi, 2) Harga kemasan, 3) Kemasan memuat narasi promosi dan kelengkapan label, 4) Kemudahan penyimpanan dan distribusi, 5) Variasi bentuk kemasan. Untuk menghasilkan desain kemasan yang modern, dilakukan tindakan teknis berupa desain grafis dan komunikasi visual, pemilihan tempat percetakan, analisis ekonomi, dan melengkapi kebutuhan label kemasan. Inovasi desain kemasan yang baru dapat menghasilkan peningkatan jumlah penjualan sehingga meningkatkan keuntungan pengusaha.