OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING MELALUI E-COMMERCE (PRESTASHOP) SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN IKAT BANDAR KOTA KEDIRI

  • Nizar Zakaria
  • Lina Saptaria Universitas Islam Kadiri
Keywords: Transformasi Digital, Pemasaran Digital, Kepuasan Pelanggan, Desain Sistem E-commerce, PrestaShop.

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pemasaran menjadi kebutuhan penting bagi para pelaku usaha untuk mencapai efisiensi dan kinerja bisnis yang berkelanjutan. Strategi pemasaran  maupun promosi produk kain tenun ikat Bandar Kota Kediri dinilai kurang sesuai dengan era digital,dan masyarakat pengetahuan.  Permasalahan yang dihadapi oleh paguyuban diantaranya : banyak pelanggan yang belum mengetahui  informasi tentang keunggulan produk, tidak mengenal merek produk yang ditawarkan, kurangnya minat beli konsumen terhadap produk, dan masih terbatasnya jangkauan pemasaran produk. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem e-commerce menggunakan Prestashop dan implementasinya untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital komunitas tenun ikat Bandar ikat Kota Kediri. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Analisis perancangan dan implementasi sistem menggunakan pendekatan sedikit demi sedikit (efisiensi, informasi, ekonomi, pengendalian, efisiensi, keamanan). Hasill penelitian ini berupa desain sistem e-commerce yang telah dimanfaatkan oleh paguyuban sebagai  sarana promosi dan penjualan. Para informan yang terdiri dari 4 pakar (ahli) dan 2 anggota paguyuban maupun konsumen telah melakukan penilaian bahwa sistem e-commerce yang dirancang menggunakan PrestaShop efektif dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Implikasi dari penelitian ini yaitu memberikan  kontribusi dalam pengembangan sistem pemasaran digital  yang efektif bagi pelaku UMKM tenun ikat Bandar Kota Kediri.

Published
2024-03-20
How to Cite
Zakaria, N., & Saptaria, L. (2024). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING MELALUI E-COMMERCE (PRESTASHOP) SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN IKAT BANDAR KOTA KEDIRI. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 26(1), 65-80. https://doi.org/10.37303/a.v26i1.494
Section
Articles