Bauran Pemasaran Dan Kinerja Penjualan Pada Usaha Kecil
Abstract
Strategi bauran pemasaran yang efektif dan seoptimal mungkin
diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen potensial bahkan dapat
mempertahankan pelanggan sehingga peningkatan volume penjualan dapat
tercapai.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabel
bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, saluran distribusi dan promosi
berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja penjualan.Untuk
menganalisis diantara variabel-variabel bauran pemasaran manakah yang
berpengaruh paling besar terhadap kinerja penjualan.Lokasi penelitian di
pasar buku Wilis jalan Wilis Kota Malang. Populasi berjumlah 59 unit usaha
buku dan jumlah tersebut akan digunakan sebagai responden penelitian. Uji
instrumen penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas. Untuk menguji
hipotesa dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan
program SPSS.. Hasil penelitian bahwa bauran pemasaran yang meliputi
variabel produk, variabel harga, variabel saluran distribusi, variabel promosi
secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja penjualan
pada pedagang buku di pasar buku Wilis Kota Malang.Produk mempunyai
pengaruh paling besar terhadap kinerja penjualan pada pedagang buku di
pasar buku Wilis Kota Malang. Implikasi hasil penelitian: pertama, untuk
pengusaha bahwa pegusaha harus memperhatikan bauran pemasaran meliputi
produk, harga, saluran distribusi dan promosi dalam memasarkan buku-buku.
Produk buku yang dijual harus disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan
konsumen karena merupakan variabel yang berpengaruh paling besar terhadap
kinerja penjualan. Kedua, untuk pemerintah pusat dan daerah dapat digunakan
pertimbangan dalam mempertimbangkan kebijakan sehubungan dengan
program pengembangan usaha kecil.
Kata Kunci : Bauran pemasaran, produk, harga, saluran distribusi, promosi,
kinerja penjualan dan Usaha Kecil.