PENGARUH INNOVATION CAPABILITY TERHADAP KINERJA INDIVIDU YANG DIMEDIASI OLEH DIGITAL MARKETING PADA UD. BUMBU MASAK MACHMUDAH (BMM)

  • Cindy Choridatul Muawanah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Wahyu Eko Pujianto Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
Keywords: Kata Kunci : Innovation Capability, Kinerja Individu, Digital Marketing

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian guna mengetahui adanya.pengaruh.innovation capability dan.digital.marketing.terhadap.kinerja individu pada UD. Bumbu Masak Machmudah (BMM), Tanggulangin. Oleh sebab itu, jenis analisis menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi.yang digunakan.ialah karyawan di UD. Bumbu Masak Machmudah (BBM) yang aktif menggunakan sosial media. Adapun karyawan yang aktif menggunakan sosial media, yakni sebanyak 57 responden. Pengumpulan.data.menggunakan.teknik grand theory Resource Based View (RBV), dan selanjutnya data diambil menggunakan kuesioner. Hasil analisis data berbantuan software SmartPLS 4.0 menunjukkan: a) Innovation capability berpengaruh terhadap kinerja individu; b) Digital marketing berpengaruh pada kinerja individu :c) Innovation capability berpengaruh dalam hubungan digital marketing; d) Innovation capability dan digital marketing berpengaruh terhadap kinerja indivdu pada UMKM desa putat, Tanggulangin.

Kata Kunci : Innovation Capability, Kinerja Individu, Digital Marketing

References

Absah, Y. and Rini, E. S. (2019) ‘Pengaruh Kapabilitas Inovasi dan Branding terhadap Kinerja Pemasaran UKM Kuliner Kota Medan’.
Aini, E. K., Long Shen, D. C., Musadieq, M. A., & Handayani, S. R. (2013) ‘The Role of Innovation Capability on Business Performance At Small Medium Enterprises’, J u r n a l P r of i t, 7(1).
Amirullah (2015) ‘Populasi dan Sampel (Pemahaman, Jenis, dan Teknik)’, pp. 68–80. doi: 10.1007/BF00353157.
Eka, K. et al. (2020) ‘PENGARUH DIMENSI PELATIHAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KINERJA KARYAWAN FRONT OFFICE AND MARKETING ( Studi pada Hotel Grand Surya Kediri )’, pp. 1–164. Available at: http://repository.ub.ac.id/185557/.
Erri, D., Lestari, A. P. and Asymar, H. H. (2021) ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT Melzer Global Sejahtera Jakarta’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9).
Febriyantoro, M. T. and Arisandi, D. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean’, JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), pp. 61–76. doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.
Fitrianto, T. (2017) ‘Pengaruh Motivasi dan Lingkungan terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada UD. BMM Sidoarjo)’.
Garaika and Darmanah (2019) Metodologi Penelitian.
Giantari, I. G. A. K. and Yasa, N. N. K. (2022) ‘Peran Kemitraan Stakeholder Terhadap Kapabilitas Inovasi Dan Dampaknya Pada Kinerja Bisnis UKM Di Bali Dengan Mediasi Relational Quality’, Matrik?: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, p. 339. doi: 10.24843/matrik:jmbk.2021.v15.i02.p14.
Hadi, D. F. and Zakiah, K. (2021) ‘Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi’, Competitive, 16(1), pp. 32–41.
Kemendikbud RI (2002) ‘Kurikulum Inti Permendikbud 045 2002’, pp. 253–256.
Kimberly, J. F., Prakoso, D. B. and Efrata, T. C. (2019) ‘Peran Individual Innovation Capability, Motivasi Intrinsik, Dan Self-Efficacy Terhadap Kinerja Individu Dalam Organisasi Mahasiswa’, Media Mahardhika, 17(2), p. 231. doi: 10.29062/mahardika.v17i2.80.
Kurniawan, N. (2021) ‘Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Kabupaten Siak’.
Muhlisin, M. (2021) ‘Pengaruh Kemampuan Pemasaran, Kemampuan Inovasi Dan Kemampuan Pembelajaran Terhadap Kinerja Ukm Di Wilayah Provinsi DIY’, (18911055), pp. 1–74.
Mukhlison et al. (2022) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Lokal Untuk Pemulihan Ekonomi Di Kelurahan Kauman Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar’, KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), pp. 107–122. doi: 10.55606/kreatif.v2i3.515.
Musnaini et al. (2020) Digital Marketing, CV Pena Persada.
Novita, D. (2022) ‘Individual Innovation Capability dalam Menciptakan kinerja optimal’, Jesya, 5(2), pp. 2052–2062. doi: 10.36778/jesya.v5i2.778.
Oscar, B. (2019) ‘Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator (CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra international TBK Toyota Sales Operation (Auto2000) Pasteur’, 9, pp. 1–11.
Pio, R. J. (2000) ‘Penilaian Kinerja Individu Pegawai Pemerintah Kota Malang Riane Johnly Pio’, Jurnal administrasi bisnis Fisip Unstrat, pp. 1–12.
Prayogo, R. R. and Nirawati, L. (2019) ‘Knowledge Sharing, Innovation Capability, Responsive Capability, and Marketing Performance: an Empirical Study at UPN “Veteran” Jawa Timur’, Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 5(2), pp. 181–191. doi: 10.17358/ijbe.5.2.181.
Pristiyanti, D. C. (2016) ‘Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Mayer Sukses Jaya’, Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), pp. 173–183.
Puryantini, N. and Arfati, R. (2017) ‘Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Organisasi Dimediasi Inovasi di Organisasi Penelitian Pemerintah’, 02(02), pp. 21–38.
Putra, W. A. and Widyastuti (2022) ‘Employee Job Satisfaction at SMEs’, Academia Open, 7, pp. 1–11. doi: 10.21070/acopen.7.2022.5529.
Rafiq, A. (2019) ‘Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Yayasan Dompet Dhuafa Jakarta’, Jurnal Skretari dan Manajemen, 3(1).
Ramadhani, F., Kusumah, A. and Hardilawati, W. L. (2022) ‘Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar Dan Marketing Digital Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pekanbaru’, Economics, Accounting and Business Journal, 2(2), pp. 344–354.
Sagita, G. and Wijaya, Z. R. (2022) ‘Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07’, Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 1(3), pp. 24–31.
Selawati, D. and Rosa, T. (2017) ‘Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Rumah di Aitami Residence Jatiranggon’, 1(2).
Tirtayasa, S., Nadra, I. and Khair, H. (2021) ‘Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19 The Effect of Marketing Strategy on Improving SMEsPerformance is moderated by Technology during the Covid-19 Pandemic’, Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), p. 20371. doi: 10.30596/jimb.v22i2.7395.
Yong, L. B. and Elsye, S. (2016) ‘Pengaruh Marketing Capability terhadap Financial Intervening pada Industri Perhotelan di Surabaya’, 4(1), pp. 445–456.
Published
2023-10-31
How to Cite
Muawanah, C., & Pujianto, W. (2023). PENGARUH INNOVATION CAPABILITY TERHADAP KINERJA INDIVIDU YANG DIMEDIASI OLEH DIGITAL MARKETING PADA UD. BUMBU MASAK MACHMUDAH (BMM). Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 25(2), 247-260. https://doi.org/10.37303/a.v25i2.479
Section
Articles