ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP LAYANAN PT BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) SEBELUM DAN SESUDAH MERGER)

  • Siti Zubaidah Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Service, Customer Statistics Index (CSI), Customer Satisfaction, Merger

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kepuasan nasabah terhadap layanan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Sebelum Dan Sesudah Merger. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode analisis Costumer Statisfaction Index (CSI). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 154.472 nasabah. Sedangkan sampel yang dipakai sebanyak 388 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dari hasil menyebarkan kuesioner kepada nasabah BSI setelah merger dan nasabah BRIS, BNIS, BSM sebelum merger. Data yang diperoleh hasil penyebaran kuesiner kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan jaminan terhadap kepuasan nasabah BSI sesudah dilakukan merger, tidak terdapat pengaruh signifikan kehandalan terhadap kepuasan nasabah BSI sesudah dilakukan merger, terdapat pengaruh signifikan bukti langsung terhadap kepuasan nasabah BSI sesudah dilakukan merger, tidak terdapat pengaruh signifikan empati terhadap kepuasan nasabah BSI sesudah dilakukan merger, terdapat pengaruh signifikan daya tanggap terhadap kepuasan nasabah BSI sesudah dilakukan merger. Dari uji R2 pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh jaminan, kehandalan, bukti langsung, empati, daya tanggap terhadap kepuasan nasabah sebesar 64% pada layanan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) setelah merger. Sedangkan sisanya 36% dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat peneliti simpulkan bahwa nasabah BSI merasa puas setelah dilkukan merger

 

References

Aquino, R. (2019). Analisis pengaruh Faktor-Faktor Kinerja Keuangan Sebelum dan Setelah Merger dan Akuisisi Studi Kasus pada Pt XL Axiata Tbk Priode 2010-2018. Sains Menajemen.
Wareza, M. (2021, Februari 1). Diresmikan Jokowi, Ini Jeroan Bank Syariah Indonesia aka BRIS. Retrieved Agustus 4, 2022, from cnbcindonesia.com/: https://www.cnbcindonesia.com/market/20210201082314-17-220027/diresmikan-jokowi-ini-jeroan-bank-syariah-indonesia-aka-bris
Walfajri, M. (2021, November 2). Pada tahun 2025, BSI targetkan punya aset Rp 500 triliun. Retrieved Agustus 4, 2022, from newssetup.kontan.co.id: https://newssetup.kontan.co.id/news/pada-tahun-2025-bsi-targetkan-punya-aset-rp-500-triliun?page=all
Dini Rizki Lestari, Y. T. (2020). Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan Pt Bank Syariah Indonesia (BSI) Sebelum Dan Sesudah Merger Menggunakan Metode Costumer Satisfaction Index (CSI). Borneo Student Research.
Haevah Reza Amri, d. (2020). Penerapan Metode CSI Untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Menajemen, Jurnal Sistem Cerdas. Sistem Cerdas.
Siyamto, Y. (2017). Kualitas pelayanan bank dengan menggunakan metode importance performance analysis (IPA) dan customer satisfation index (CSI) terhadap kepuasan nasabah. Jurnal ilmiah ekonomi islam.
Meithiana, I. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Adhari, I. Z. (2020). kepusan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.
Sonny koeswara, M. (2014). analisis besarnya pengaruh kinerja pelayanan (service performance) frontliner dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah prioritas pt. bca, tbk cabang permata buana dengan pendekatan metode regresi linearmultiple. PASTI, 8(1).
Rosnaini, D. (2017). Citra Kualitas Produk dan Kepuaan Pelanggan. Makassar: Global Reserch and Consulting Institute.
Suharyono. (2018). Perilaku Konsumen Dalam Persektif Ekonomi Islam. Al-Intaj, 4(2).
Joshua Tarigan, D. (2016). Merger dan Akuisisi. Yogyakarta: Ekuilibra.
Engkur. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah di DKI Jakarta. Akuntansi dan Manajemen.
Nikensari, S. I. (2012). Perbankan Syariah. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.
Wiroso. (2009). Produk Perbankan Syariah. Jakarta: LPFE Usakti.
Sukiati. (2016). Metodologi Penelitian Sebuah Pengantar. Medan: CV Manhaji.
Published
2023-10-15
How to Cite
Lubis, S. (2023). ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP LAYANAN PT BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) SEBELUM DAN SESUDAH MERGER). Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 25(2), 170-183. https://doi.org/10.37303/a.v25i2.383
Section
Articles