PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA CIVITAS AKADEMIK UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
Abstract
Teknologi informasi semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun, seiring dengan pekembangan kebutuhan masyarakat akan kemudahan. Perkembangan teknologi informasi berdampak pada setiap individu maupun organisasi dalam menjalankan transaksi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mengetahui pengaruh penggunaan financial technology terhadap perilaku konsumtif masyarakat. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh civitas akademik universitas harapan bangsa purwokerto. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu. Teknik analisis menggunakan analisis regresi dilakukan dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas layanan OVO dan Gopay terhadap perilaku konsumtif, terdapat Pengaruh Persepsi kemudahan penggunaan OVO dan Gopay terhadap perilaku konsumtif, terdapat pengaruh Persepsi Manfaat penggunaan OVO dan Gopay terhadap perilaku konsumtif, dan terdapat pengaruh Kepercayaan pada OVO dan Gopay terhadap perilaku konsumtif.
Keyword : Financial Technology, Kepercayaan, Perilaku Konsumtif, Kualitas Layanan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat