OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PT KARYA SETIAWAN EKATAMA

  • Nadya Nur Ivany

Abstract

Abstrak : Pesatnya perkembangan teknologi di era sekarang, membuat mereka yang tidak segera mengikuti menjadi tertinggal. Dengan adanya internet dan juga media sosial yang membuat semua hal menjadi semakin mudah dan cepat, mayoritas bisnis berlomba-lomba untuk menggunakan media tersebut sebagai salah satu alat pemasar mereka. Selama ini, PT Karya Setiawan Ekatama belum memaksimalkan digital marketingnya untuk meningkatkan awareness masyarakat mengenai perusahaan ini agar dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Maka dari itu, artikel ini membahas tentang optimalisasi sosial media bagi PT Karya Setiawan Ekatama yang dapat digunakan sebagai media pemasarnya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data didapatkan dari hasil wawancara dan dianalisis menggunakan teori social media optimization (SMO). Berdasarkan hasil analisis, PT Karya Setiawan harus memperbaiki website resmi dan juga akun Facebooknya agar peluang pasar semakin besar, juga menambahkan beberapa informasi mengenai jadwal keberangkatan, rute, dan juga tariff pada akun Instagramnya.

Kata Kunci : digital marketing, optimalisasi, pemasaran, sosial media, social media optimization

 

Abstract : Nowadays, the rapid growth of technology left those who cannot be adaptive of this change. By the existing of internet and social media, things are getting easier and faster which makes majority of the businesses use them as one of their tools in marketing. At this time, PT Karya Setiawan Ekatama has not maximizes its digital marketing yet to increase the customer’s awareness and survives in this tight competition. Therefore, this article discuss about optimizing digital marketing, especially social media, at PT Karya Setiawan Ekatama as their marketing media. Using qualitative method and in depth interview as the research method and data, the data will be analyzed in social media optimization (SMO) theory. Based on the analysis, PT Karya Setiawan Ekatama has to fix their official website and also Facebook account, in order to get a bigger market. Moreover, they have to add several informations about the departure schedule, route, and rates on their Instagram account.

Keywords : digital marketing, optimization, marketing,  social media, social media optimization

Published
2022-03-01
How to Cite
Ivany, N. (2022). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PT KARYA SETIAWAN EKATAMA. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 24(1), 96-105. https://doi.org/10.37303/a.v24i1.234
Section
Articles