STRATEGI BANK SYARIAH INDONESIA DALAM MEMASARKAN PRODUK PEMBIAYAAN USAHA MIKRO DI TULUNGAGUNG

  • Nur Awalu Umi Sholikhah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Abstrak

Pembiayaan merupakan inti dari perusahaan terutama pada lembaga perbankan. Salah satu hal penting dalam menjalankan pembiayaan adalah bagaimana dan apa strategi yang digunakan dalam mengelola perusahaan tersebut, karena strategi sangat berpengaruh bagi keberlangsungan suatu perusaan maupun lembaga keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apakah yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia KK Tulungagung Trade Center serta  apa kendala dan bangaimana mengatasi kendala yang dihadapi saat memasarkan produk pembiayaan tersebut.penelitian ini merupakan jenis kualitatif, data yang diperoleh melalui wawancara dengan narasumber yang merupakan staff mikro BSI KK Tulungagung Trade Center. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stategi yang dilakukan oleh BSI KK Tulungagung Trade Center sudah dikatakan unggul dari segi pemasaran, dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan nasabah. Pada saat ini, BSI KK Tulungagung Trade Center sedang melakukan pengembangan strategi agar lebih produktif dan optimal.

Kata Kunci: Pembiayaan, Strategi Pemasaran, Usaha Mikro.

 

Abstract

Financing is the core of the company, especially in banking institutions. One of the important things in carrying out financing is how and what strategy is used in managing the company, because the strategy is very influential for the sustainability of a company or financial institution. This study aims to find out what strategy is used by Bank Syariah KK Tulungagung Trade Center and what are the obstacles and how to overcome the obstacles encountered when marketing these financing products. This research is a qualititave type, the data is obtained through interviews with informants who are Micro Staff of BSI KK Tulungagung Trade Center. The results show that the strategy carried out by BSI KK Tulungagung Trade Center was said to be superior in terms of marketing, and based on what customers needed. Noadays, the BSI KK Tulungagung Trade Center is developing a strategy to make it more productive and optimal.

            Keywords: Financing, Marketing Strategy, Micro Business.

Published
2023-03-25
How to Cite
Sholikhah, N. (2023). STRATEGI BANK SYARIAH INDONESIA DALAM MEMASARKAN PRODUK PEMBIAYAAN USAHA MIKRO DI TULUNGAGUNG. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 25(1), 32-39. https://doi.org/10.37303/a.v25i1.315
Section
Articles