Pengaruh Promosi, Pelayanan, Dan Tarif Terhadap Kepuasan Konsumen Grab Di Kelurahan Dinoyo

  • Retno Ayu Dewi Novitawati Universitas Tribhuwana Tungga Dewi, Malang
  • Moh Orfa Universitas Tribhuwana Tungga Dewi, Malang
  • Nur Ida Iriani Universitas Tribhuwana Tungga Dewi, Malang

Abstract

This study aims to explain and analyze the effect of promotion, service, tariff on consumer satisfaction, the independent variables used in this study are promotion, service, tariff and the dependent variable of consumer satisfaction. This study aims to determine the simultaneous or partial influence on consumer satisfaction in GRAB online transportation services, this research was conducted in the area of kel. Dinoyo Malang. In the community or students who are in the area. The respondents used are people in the village, Dinoyo Malang. Respondents in this study were 48 respondents and the research method used purposive sampling, with saturated sampling and a quantitative approach. The results showed that service and tariffs do not have a significant effect on customer satisfaction, however, promotion has a significant effect on consumer satisfaction with GRAB online transportation services. This study showed that promotion, service, and tariffs have a significant effect on customer satisfaction.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh promosi, pelayanan, tarif terhadap kepuasan konsumen, variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah promosi, pelayanan, tarif dan variabel terikat kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simultan maupun parsial yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada jasa transportasi online GRAB, penelitian ini dilakukan di daerah kel. Dinoyo Malang. Pada masyarakata atau mahasiswa yang berada di daerah tersebut. Responden yang digunakan adalah masyarakat yang ada di kel, dinoyo Malang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 48 responden dan metode penelitian menggunakan purposive sampling, dengan sampling jenuh dan pendekatan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa pelayanan dan tarif tidak memiliki pengaruh siginifikan terhadap kepuasan konsumen, tetapi promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi online GRAB. Penelitian ini menunjukkan promosi, pelayanan, dan tarif memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Published
2021-10-01
Section
Articles